Mega Berbakti

Sarana untuk belajar berbagi

Buku Liturgi

Buku liturgi 

SAKRAMEN PERNIKAHAN DALAM EKARISTI KUDUS

 

 

Yakub Renaldo Mulat Nugroho

&

Margaretha Nona Eta

 

DIPERSEMBAHKAN OLEH :

Pater Giovani Don Bosco Wora CSsR

Minggu, 17 Juli 2011

Pukul : 11.00 WWIB

 

GEREJA Santo LEO AGUNG

JATIWARINGIN-JAKARTA TIMUR

 

 

 



Pendahuluan

 

Lektor :

Allah menciptakan manusia pria dan wanita yang diberi kemampuan untuk saling mencintai. Cinta antara pria dan wanita itu mencapai perwujudan yang paling luhur dalam Sakramen Pernikahan. Tuhan telah membuat segala sesuatu menjadi indah pada waktunya, dan merupakan suatu anugerah yang indah, dua insan dipertemukan, didekatkan dan akhirnya dipersatukan dalam ikatan suci Pernikahan yang Kudus. Semoga Tuhan selalu mencurahkan cintaNya serta memberkati persatuan mereka melalui doa-doa kita.

Bapak-lbu serta saudara-saudari sekalian,selamat pagi dan selamat datang di Gereja Santo Leo Agung. Pada hari ini kita diundang untuk bersama-sama mengikuti serta menyaksikan Upacara Penerimaan Sakramen Pernikahan Yakub Renaldo Mulat Nugroho dengan Margaretha Nona Eta.

Pada pagi hari ini Upacara Penerimaan Sakramen Pernikahan akan dipimpin oleh Pater Giovani Don Bosco Wora CSsR. Marilah kita berdiri menyambut kedua mempelai beserta keluarga dan menghantar mereka ke hadapan Allah untuk dipersatukan dalam Sakramen Pernikahan yang Kudus.

Penyambutan mempelai

Kedua mempelai, orangtua, didampingi para saksi dan keluarga siap didepan pintu Gereja. Imam dan putera altar menuju depan pintu Gereja menyambut kedua mempelai.

 

Imam :

Saudara-saudara yang terkasih atas nama Gereja saya mengucapkan selamat datang dan Semoga rahmat Tuhan kita Yesus Kristus, cinta kasih Allah dan persekutuan Roh Kudus besertamu.

Umat : Dan sertamu juga.

Penyerahan Kedua Mempelai

Wakil keluarga kedua calon mempelai menyerahkan kepada Imam.

 

Wakil keluarga :

Pater yang kami hormati, atas nama keluarga kedua calon mempelai pada hari ini kami menyerahkan putra-putri kami : Yakub Renaldo Mulat Nugroho dan Margaretha Nona Eta. Mereka sudah saling mengenal satu sama lain, mereka saling mencintai, dan telah mempersiapkan diri untuk saling menerimakan Sakramen Pernikahan. Kami mohon sudilah Pater meresmikan pernikahan mereka menurut tatacara Gereja Katolik yang Kudus. Semoga. Tuhan mencurahkan rahmatNya kepada kedua anak kami dalam menanggapi kasih Allah sebagai suami-istri. Atas kesediaan Pater kami ucapkan terimakasih.

 

Imam :

Atas nama Gereja, dengan gembira hati saya menerima permohonan anda untuk meresmikan pernikahan Yakub Renaldo Mulat Nugroho dengan Margaretha Nona Eta. menurut tatacara Gereja Katolik.

Dengan penuh rasa syukur, marilah kita menghadap Allah, sumber segala cinta, untuk memohon berkatNya bagi kedua calon mempelai ini.

 

Imam memerciki kedua calon mempelai dengan air suci.

Imam :

Air Suci ini melambangkan kehidupan, kemurnian hati dan kesucian. Saya memerciki kalian berdua dengan air suci ini agar niat kalian berdua disucikan dan dimurnikan, sehingga siap untuk saling menerima Sakramen Pernikahan suci ini. Kiranya Allah melimpahkan berkat dan karuniaNya kepada kalian berdua dan kita semua yang hadir disini. Semoga kalian diberkati dan dilindungi oleh Allah yang Maha Kuasa, disinari oleh kasihNya, dilimpahi dengan rahmatNya, sehingga berkenan dihadapanNya. dan disucikan dalam Roh Kudus agar pantas menghadap peristiwa suci ini. Demi nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus.

Umat : Amin.

 

Imam :

Marilah kita masuk ke rumah Tuhan untuk memuji dan memuliakan kebesaran kasihNya.

Umat : Syukur kepada Allah.

 

Imam dan putera altar, dilkuti kedua colon mempelai beserta keluarga memasuki Gereja, menuju Altar diiringi lagu pembukaan.

 

Gema Sangkakala

Musik/Lagu : Jeremiah Clarke ; Syair & Arr : GF. Gita Angjaya

Bergema suara sangkakala membelah angkasa,

Mempelai berdua beriring dengan senyum bahagia.

Tuhan tlah berkenan membimbing bahtera hidup mereka,

Tuhan tlah berkenan memberkati jalan hidup mereka.

Dengarlah bunyi sangkakala membelah angkasa,

Mengiringi bahagia janji kasih mempelai berdua.

Puji syukur Tuhan, yang telah mempersatukan dua insan.

Cinta kasih suci kan abadi selama-lamanya.

Bergema suara sangkakala membelah angkasa.

Mempelai berdua, beriring dengan senyum bahagia.

Hai dunia dengarlah, gema sangkakala kebahagian.

Cinta kasih Tuhan, satu dengan mempelai berdua.

 

Pembukaan

Imam : Demi nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus.

Umat : Amin.

Imam : Kasih karunia rahmat dan damai sejahtera dari Allah Bapa dan dari puteraNya Yesus Kristus besertamu.

Umat : dan sertamu juga.

Kata Pengantar

Imam : Aldo dan Eta yang terkasih, pada hari ini kalian datang di Gereja ini untuk memohon agar cinta kasih kalian berdua dikuduskan oleh Tuhan di hadapan umatNya. Pengudusan cinta kasih bagi kalian adalah Sakramen, yaitu suatu tanda kedatangan dan kehadiran Tuhan ditengah-tengah keluarga yang akan anda bentuk bersama. Ini berarti Tuhan berkenan mendampingi keluarga kalian, mulai sekarang dan untuk selamanya. Allah adalah kasih, dan dengan kasihNya, ia menjadikan manusia laki-laki dan perempuan agar manusia dapat hidup berbahagia dan saling menolong satu sama lain. Namun kasih yang kita miliki tidak sempurna dan hubungan kita dengan Allah tidak selamanya dapat berjalan dengan baik. Maka, sebelum kedua mempelai saling meneguhkan janji kesetiaan dalam Sakramen Pernikahan, marilah kita hening sejenak, mempersiapkan diri dan hati kita serta memeriksa batin kita. Dengan rendah hati kita mohon belas kasih Tuhan agar Dia berkenan mengampuni segala dosa kita agar kita layak dan pantas merayakan peristiwa agung ini.

Hening sejenak

Pernyataan Tobat

Imam  : Saya mengaku,

Umat  : Kepada Allah yang Mahakuasa dan kepada saudara sekalian, bahwa saya telah berdosa dengan pikiran dan perkataan, dengan perbuatan dan kelalaian. Saya berdosa, saya berdosa, saya sungguh berdosa. Oleh sebab itu, saya mohon kepada Santa Perawan Maria, kepada para Malaikat dan Orang Kudus dan kepada saudara sekalian supaya mendoakan saya kepada Allah Tuhan kita.

Imam : Semoga Allah yang Mahakuasa mengasihani kita, mengampuni dosa kita dan menghantar kita ke hidup yang kekal.

Umat : Amin.

 

Tuhan, kasihanilah kami

Lagu & syair : Martin Runi, Misa senja

Tuhan kasihanilah kami

Kasihanilah, Tuhan kasihanilah kami

            Tunjukkan belas kasihanMu kepad kami

            Ya putra bapa

Kristus kasihanilah kami

Kasihanilah Kristus kasihanilah kami

            Engkaulah pengantara kami kepada bapa

            Kasihanilah kami

Tuhan kasihanilah kami

Kasihanilah... Tuhan kasihanilah kami

 

Doa Pembukaan

Imam : Marilah berdoa, Ya Allah sumber segala kasih, Engkau telah menguduskan cinta kasih suami istri dan mengangkat Sakramen Pernikahan menjadi lambang persatuan Kristus dengan Gereja. Pandanglah kedua mempelai ini Yakub Renaldo Mulat Nugroho dan Margaretha Nona Eta. yang kini sudah siap memasuki bahtera pernikahan. Berkatilah cinta kasih mereka supaya tahan uji, dalam untung dan malang.

Bimbinglah mereka agar semakin menyadari kesucian hidup berkeluarga dan berusaha menghayatinya dalam suka dan duka.

Anugerahkanlah kepada mereka keturunan yang dapat dibanggakan. Semoga mereka bersama-sama menyumbangkan jasa bagi Gereja dan masyarakat. Demi Kristus, Tuhan dan Pengantara kami, yang hidup dan berkuasa bersama Dikau dalam persekutuan dengan Roh Kudus, kini dan sepanjang segala masa.

Umat : Amin.

Liturgi sabda

Bacaan Pertama

Pembacaan diambil dari surat Rasul Paulus kepada jemaat di Efesus (Efesus 5: 22-33)

"Kasih Kristus adalah dasar hidup suami isteri”

 

22 Hai isteri, tunduklah kepada suamimu seperti kepada Tuhan,

23 karena suami adalah kepala isteri sama seperti Kristus adalah kepala jemaat. Dialah yang menyelamatkan tubuh.

24 Karena itu sebagaimana jemaat tunduk kepada Kristus, demikian jugalah isteri kepada suami dalam segala sesuatu.

25 Hai suami, kasihilah isterimu sebagaimana Kristus telah mengasihi jemaat dan telah menyerahkan diri-Nya baginya

26 untuk menguduskannya, sesudah Ia menyucikannya dengan memandikannya dengan air dan firman,

27 supaya dengan demikian Ia menempatkan jemaat di hadapan diri-Nya dengan cemerlang tanpa cacat atau kerut atau yang serupa itu, tetapi supaya jemaat kudus dan tidak bercela.

28 Demikian juga suami harus mengasihi isterinya sama seperti tubuhnya sendiri: Siapa yang mengasihi isterinya mengasihi dirinya sendiri.

29 Sebab tidak pernah orang membenci tubuhnya sendiri, tetapi mengasuhnya dan merawatinya, sama seperti Kristus terhadap jemaat,

30 karena kita adalah anggota tubuh-Nya.

31 Sebab itu laki-laki akan meninggalkan ayahnya dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya itu menjadi satu daging.

32 Rahasia ini besar, tetapi yang aku maksudkan ialah hubungan Kristus dan jemaat.

33 Bagaimanapun juga, bagi kamu masing-masing berlaku: kasihilah isterimu seperti dirimu sendiri dan isteri hendaklah menghormati suaminya.

Demikianlah sabda Tuhan.

Umat : Syukur kepada Allah.

( Lagu Antar bacaan : Kasih  Hal 22 No 1)

Bait Pengantar Injil

Alleluya, Alleluya, Alleluya

Jika kita saling mengasihi, Allah tetap didalam kita

Dan kasihNya sempurna didalam kita

Bacaan Injil

Imam    : Tuhan sertamu.

Umat     : Dan sertamu juga.

Imam    : Inilah Injil Yesus Kritus menurut Santo Matius (Mat 19: 1-6)

Umat     : Dimuliakanlah Tuhan.

 

Imam :

1 Setelah Yesus selesai dengan pengajaran-Nya itu, berangkatlah Ia dari Galilea dan tiba di daerah Yudea yang di seberang sungai Yordan.

2 Orang banyak berbondong-bondong mengikuti Dia dan Ia pun menyembuhkan mereka di sana.

3 Maka datanglah orang-orang Farisi kepada-Nya untuk mencobai Dia. Mereka bertanya: "Apakah diperbolehkan orang menceraikan isterinya dengan alasan apa saja?"

4 Jawab Yesus: "Tidakkah kamu baca, bahwa Ia yang menciptakan manusia sejak semula menjadikan mereka laki-laki dan perempuan?

5 Dan firman-Nya: Sebab itu laki-laki akan meninggalkan ayah dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya itu menjadi satu daging.

6 Demikianlah mereka bukan lagi dua, melainkan satu. Karena itu, apa yang telah dipersatukan Allah, tidak boleh diceraikan manusia."

 

Berbahagialah yang mendengarkan sabda Tuhan dan tekun melaksanakannya.

 

Umat : SabdaMu adalah jalan, kebenaran, dan hidup kami.

Homili

Upacara Sakramen Pernikahan

Pernyataan Kedua Mempelai

Imam : Saudara-saudari terkasih, kini tibalah saatnya untuk meneguhkan Pernikahan ini. Untuk itu saya mohon kepada para saksi untuk maju ke depan untuk mendampingi kedua mempelai.

 

Kedua mempelai berdiri, kedua saksi maju kedepan mengambil tempat di sisi kiri dan kanan kedua mempelai.

(Lagu Berkatilah Halaman 24 No 5)

 

Aldo dan Eta : Pater yang kami hormati, kami berdua telah bersatu hati dan telah saling memilih sebagai teman hidup. Kami berdua percaya bahwa Allah Bapa yang telah mempertemukan dan menganugerahkan ikatan cinta ini. Maka kami memohon kesediaan Pater meresmikan hubungan kami dan memberkati pernikahan kami sebagai suami-istri yang sah menurut tatacara Gereja Katolik.

Imam : Atas nama Gereja dengan senang hati saya menerima permohonan dan ketulusan hati kalian. Para saksi yang terhormat, adakah sesuatu yang menghalangi pernikahan ini menurut tatacara dan iman Katolik ?

Saksi : Sepanjang pengetahuan kami, tidak ada halangan apapun untuk meresmikan pernikahan ini. Oleh karena itu, kami mendukung permohonan kedua mempelai ini.

 

Imam : Aldo dan Eta yang berbahagia, setelah kalian mengenal satu sama lain dan saling memahami kepribadian masing-masing, mengerti akan kekuatan dan kelemahan kalian, dan juga -setelah kalian yakin akan kemampuan kalian untuk saling membahagiakan dan setelah mengadakan penyelidikan seperlunya dan dikuatkan oleh pernyataan para saksi, maka saya selaku pejabat Gereja mengabulkan permohonan kalian berdua. Namun sebelum pernikahan saudara diresmikan, nyatakanlah kesungguhan hati dan niat suci kalian dengan hati yang jujur untuk meresmikan pernikahan ini di hadapan Allah, orangtua, para saksi, seluruh keluarga dan umat yang hadir disini.

Aldo : Saya, Yakub Renaldo Mulat Nugroho, menyatakan bahwa saya hendak meresmikan pernikahan saya dengan Margaretha Nona Eta. Saya bersedia menyayangi, mencintai dan menghormati istri saya, dalam suka dan duka, dalam susah dan senang sepanjang hidup saya. Saya bersedia menjadi bapak yang baik bagi anak-anak yang dipercayakan Tuhan kepada saya dan mendidik mereka sesuai dengan ajaran iman Katolik.

 

Eta: Saya, Margaretha Nona Eta, menyatakan bahwa saya hendak meresmikan pernikahan saya dengan Yakub Renaldo Mulat Nugroho. Saya bersedia menyayangi, mencintai, dan menghormati suami saya, dalam suka dan duka, dalam susah dan senang sepanjang hidup saya. Saya bersedia menjadi ibu yang baik bagi anak-anak yang dipercayakan Tuhan kepada saya dan mendidik mereka sesuai dengan ajaran iman Katolik.

 

Janji Pernikahan

Putera altar mengambil Kitab Suci dan diserahkan kepada Imam

Imam : Terimakasih atas kesungguhan niat kalian, kini tibalah saatnya untuk meresmikan pernikahan kalian berdua. Saya persilahkan kalian saling berhadapan, meletakkan tangan kanan kalian diatas Kitab Suci ini dan mengucapkan janji setia dihadapan Tuhan dan GerejaNya yang kudus, para saksi, keluarga serta umat yang hadir disini.

Sambil berhadapan dan berjabat tangan, mempelai meletakkan tangan kanan diatas Kitab Suci sambil mengucapkan janji Pernikahan.

 

Aldo:

Di hadapan Allah dan GerejaNya yang kudus, imam, para saksi, orangtua kami, serta umat yang hadir disini, saya, Yakub Renaldo Mulat Nugroho, memilih engkau, Margaretha Nona Eta, menjadi istri saya. Saya berjanji setia kepadamu dalam untung dan malang, didalam suka maupun duka,

diwaktu sehat maupun sakit dan saya akan mencintai dan menghormatimu seumur hidupku. Demikianlah janji saya demi Allah dan Injil suci ini.

Eta :

Di hadapan Allah dan GerejaNya yang kudus, imam, para saksi, orangtua kami, serta umat yang hadir disini. Saya, Margaretha Nona Eta, memilih engkau, Yakub Renaldo Mulat Nugroho, menjadi suami saya. Saya berjanji setia kepadamu dalam untung dan malang, didalam suka maupun duka, diwaktu sehat maupun sakit dan saya akan mencintai dan menghormatimu seumur hidupku. Demikianlah janji saya demi Allah dan Injil suci ini.

 

Imam : Atas nama Gereja Allah, dihadapan orangtua, para saksi serta umat yang hadir disini, saya menegaskan, bahwa pernikahan yang telah diresmikan dan diberkati ini adalah pernikahan Katolik yang sah menurut hukum Gereja Katolik. Semoga Sakramen Pernikahan ini menjadi sumber rahmat, kekuatan, dan kebahagiaan kekal bagi kalian berdua, mulai sekarang ini dan selamanya, berkat Allah yang Mahakuasa, Bapa, Putera, dan Roh Kudus.

Umat : Amin.

 

Imam : Demikianlah mereka bukan lagi dua melainkan satu didalam Kristus Yesus. Apa yang telah dipersatukan Allah.

Umat : Jangan diceraikan oleh manusia.

Doa Untuk Mempelai 

(mempelai dan umat berlutut)

Imam : Saudara-saudari terkasih, marilah kita berdoa dengan rendah hati, agar Tuhan berkenan mencurahkan berkat dan rahmatNya atas Aldo dan Eta yang telah menikah dalam Kristus dan dipersatukan dalam ikatan pernikahan yang suci dihadapan Kristus. Semoga mereka bersatu dalam cinta kasih yang sejati.

 

Hening sejenak, kemudian Imam merentangkan tangan dan berdoa

Bapa yang Kudus pencipta alam semesta, Engkau menciptakan manusia menurut citraMu, sebagai pria dan wanita Kau ciptakan mereka supaya dipadukan menjadi satu dan melimpahkan persatuan mereka dengan berkatMu.

Dengan tulus hati kami berdoa bagi Aldo dan Eta yang telah Kau persatukan dalam Sakramen Pernikahan ini. Semoga rahmatMu melimpah atas mereka.

Berilah cinta kasih yang abadi kepada Aldo dan Eta, cinta yang mengikat mereka berdua. Semoga Roh Kudus selalu mengisi hati mereka berdua dengan cinta, iman yang teguh, sabar dalam penderitaan, dan penuh pengharapan. Semoga mereka saling menyalurkan anugerah cinta kasihMu dan saling menandakan kehadiranMu dalam kerukunan yang akrab dan mesra. Semoga mereka berpegang teguh pada iman dan perintah-perintahMu.

Teguhkanlah dan kuatkanlah mereka dalam setiap godaan dan cobaan hidup yang mereka hadapi.

Kami juga memohon padaMu ya Bapa, semoga mereka selalu memuji dan memuliakan Dikau dalam suka maupun duka, agar jika mereka mengalami kesulitan hidup mereka dapat merasakan kehadiran dan perlindunganMu. Semoga mereka bersatu sebagai suami istri terpandang karena hidup yang baik dan berjasa untuk sesama dalam lingkungan mereka. Kuatkanlah mereka dengan semangat Injil, sehingga mereka menjadi saksi Kristus bagi semua orang.

Kami berdoa bagi Eta, agar rahmat cinta dan damaiMu tinggal dalam hatinya.

Semoga ia menjadi istri yang setia dan ibu yang baik seperti wanita-wanita kudus yang dipuji dalam Kitab Suci serta dapat menciptakan suasana akrab dalam rumah tangganya dan menghiasi dirinya dengan keramahan dan sopan santun.

Kami berdoa pula bagi Aldo, semoga ia dapat menunaikan tugas dan tanggungjawabnya baik sebagai suami yang setia dan bijaksana terhadap istri dan anak-anak, maupun terhadap masyarakat.

Allah Bapa yang Maha Pengasih, semoga mereka subur dalam keturunan, semoga mereka membangun rumah tangga yang bahagia, dengan keturunan serta mendidik anak-anak mereka menurut ajaran Injil. Semoga mereka dapat menjadi orangtua yang patut dicontoh dan berbahagia melihat anak cucunya.

Semoga mereka mencapai usia lanjut dan akhirmya memasuki kehidupan bahagia dalam Kerajaan Surga. Demi Kristus, Tuhan dan pengantara kami. Amin.

Pemberkatan Cincin

Imam : Ya Allah, sumber kesetiaan, berkatilah (+) cincin ini, yang merupakan tanda kesetiaan dan cinta kasih Aldo dan Eta. Semoga cincin - ini mengingatkan mereka akan cinta kasih dan kesetiaan yang mereka janjikan pada hari bahagia ini. Demi Kristus, Tuhan dan Pengantara kami.

Umat : Amin.

(Lagu : Cincin kami  Halaman : 23 No: 4)

Imam memerciki cincin dengan air kudus

Imam : (sambil menyerahkan cincin kepada mempelai pria) Aldo, kenakanlah cincin ini pada jari manis istrimu sebagai lambang cinta setia abadi.

Aldo : Eta, terimalah cincin ini sebagai lambang cinta dan kesetiaanku.

Imam : (sambil menyerahkan cincin kepada mempelai wanita)

Eta :  Aldo, terimalah cincin ini sebagai lambang cinta dan kesetiaanku.

Imam : Aldo dan Eta, semoga kalian berdua senantiasa saling memandang dengan wajah penuh cinta dan berseri-seri untuk saling menghibur, menguatkan dan menyempurnakan. Dan semoga ikatan cinta kasih kalian berdua menjadi sumber kebahagiaan sejati.

Aldo dan Eta : Amin

Mohon Doa Restu Orangtua

Imam : Aldo dan Eta yang berbahagia, selain kita memohon berkat Tuhan untuk meneguhkan ikatan cinta kasih kalian berdua dan bekal perjalanan hidup kalian berkeluarga, sudah sepantasnya kalian berdua juga memohon berkat dan restu kepada orangtua kalian sebagai tanda hormat dan bakti kepada mereka yang telah melahirkan, mengasuh dan membesarkan kalian. Memohonlah doa restu kepada mereka sebagai bekal perjalanan hidup pernikahan kalian.

Kedua mempelai menghampiri kedua orangtua mereka memohon doa restu.

(Lagu Terima kasih Mama & Papa, Halaman 22 No: 2)

Setelah selesai, kedua mempelai bertukar posisi tempat duduk mempelai pria disebelah kanan mempelai wanita.

Pemberkatan Kitab Suci, Salib, Lilin, Rosario, Patung kel. Kudus

Putera altar menyerahkan benda-benda rohani kepada Imam untuk diberkati.

Imam : Ya Tuhan, berkatilah Kitab Suci ini agar dapat dipakai oleh keluarga baru ini sebagai sumber pengharapan dan penghiburan di kala kesukaran melanda bahtera keluarga mereka. Semoga Kitab Suci ini juga dapat membesarkan hati mereka dikala duka dan membangkitkan semangat cinta kasih sejati disaat gersang.

Berkati pula Salib dan Rosario ini agar selalu menjadi tanda kehadiranMu serta kehadiran Bunda Maria ditengah keluarga ini dan memberikan dorongan untuk selalu siap memberikan pengorbanan demi pasangannya. Dalam nama Bapa, dan Putera, dan Roh Kudus.

Umat : Amin.

 

Imam menyerahkan benda-benda rohani yang telah diberkati kepada kedua mempelai.

Aldo dan Eta : Terimakasih Pater.

Doa Umat

Imam : Saudara-saudari terkasih, marilah kita meyampaikan permohonan kepada Allah, agar Ia menyatukan kedua mempelai ini dalam cinta kasih dan melimpahi mereka dengan berkatNya.

Lektor : Bapa sumber cinta sejati, kami berdoa semoga kedua mempelai ini mampu menghayati hidup perkawinan mereka dalam cinta kasih dan damai. Kami mohon...

Umat : Kabulkanlah doa kami ya Tuhan.

Lektor : Semoga cinta kasih mereka diberkati oleh Tuhan dengan karunia yang berlimpah, sehingga anak-anak yang dianugerahi kepada mereka sungguh-sungguh menggembirakan hati orangtuanya. Kami mohon...

Umat : Kabulkanlah doa kami ya Tuhan.

Lektor : Tuhan, dampingilah Aldo dan Eta dalam pernikahan mereka. Berilah hasil yang melimpah dari pekerjaan mereka dan jagalah hidup mereka berdua dalam kerukunan cinta kasih dan damai serta selalu siap untuk saling berkorban. Anugerahkanlah pula mereka dengan keturunan yang dapat dibanggakan. Kami mohon...

Umat : Kabulkanlah doa kami ya Tuhan.

Aldo dan Eta : Tuhan, kami berdoa untuk orangtua kami yang selama ini telah membesarkan kami dengan cinta yang tulus. Di dalam setiap harinya dalam hidup mereka, mereka selalu berusaha untuk memenuhi kebutuhan kami, memikirkan masa depan kami dan selalu membantu dalam kesulitan. Semoga Engkau memberikan perlindungan kepada orangtua kami, memberi kesehatan, dan umur yang panjang, kebahagiaan dan damai serta rejeki dalam hidup mereka. Kami mohon...

Umat : Kabulkanlah doa kami ya Tuhan.

Imam : Ya Tuhan Allah kami, peliharalah saudara-saudari kami ini dalam cintaMu, teguhkanlah dan bantulah mereka seumur hidup serta bimbinglah mereka dalam usaha menciptakan keluarga bahagia. Demi Kristus Tuhan dan pengantara kami.

Umat :Amin

LITURGI EKARISTI

Petugas pembawa persembahan membawa persembahan ke altar disampaikan kepada kedua mempelai dan selanjutnya kedua mempelai menyerahkan kepada Pater.

(Lagu Persembahan  Halaman 25 No 7 )

Menghunjukkan Persembahan

Imam : Berdoalah saudara-saudari supaya persembahan ini diterima oleh Allah, Bapa yang Maha Kuasa.

Umat : Semoga persembahan ini diterima demi kemuliaan Tuhan dan keselamatan kita serta seluruh umat Allah yang kudus.

Doa Persembahan

Imam : Ya Bapa, terimalah persembahan roti dan anggur ini bersama persembahan kedua mempelai sebagai ungkapan untuk melaksanakan janji saling setia mereka. Semoga mereka selalu setia kepadaMu, setia satu sama lain, curahilah Aldo dan Eta dengan rahmatMu supaya mereka mampu menjalani hidup keluarga seturut kehendakMu. Demi Kristus, Tuhan dan Pengantara kami.

Umat : Amin.

Prefasi

Imam    : Tuhan sertamu

Umat     : Dan sertamu juga

Imam    : Marilah mengarahkan hati kepada Tuhan

Umat     : Sudah kami arahkan

Iman     : Marilah bersyukur kepada Allah Tuhan kita

Umat     : Sudah layak dan sepantasnya

Imam    : Sungguh layak dan pantas ya Tuhan, Bapa yang Kudus, Allah yang kekal dan kuasa, bahwa dimanapun juga kami senantiasa bersyukur kepada-Mu sebab Engkau berkenan menciptakan manusia dan menganugerahinya martabat yang luhur, persatuan mesra antara suami dan isteri, mencerminkan cinta kasih-Mu sendiri. Engkau menciptakan manusia karena cinta, Engkau memanggil dia untuk mengamalkan cinta, Engkau mengundang dia untuk menikmati cinta-Mu yang kekal, dengan demikian misteri perkawinan suci menandakan cinta Ilahi dan menguduskan cinta insane demi Kristus pengantara kami. Maka bersama para malaikat dan seluruh rombongan para kudus, kami bermadah memuliakan Dikau dengan tak henti-hentinya bernyanyi.

(Lagu Kudus, Halaman 27 No 9)

Doa Syukur-Agung

(Oleh imam )

Bapa Kami

Imam : Atas petunjuk penyelamat kita dan menurut ajaran Ilahi, maka beranilah kita berdoa sambil bernyanyi :

 

Bapa Kami Jawa – MB. 1134

Musik/Lagu & Arrangement : Paul Widyawan

Bapa kami yang ada di surga dimuliakanlah nama Mu

Datanglah kerajaan Mu

Jadilah kehendak Mu di atas bumi seperti di dalam surga

Berilah kami rejeki pada hari ini

Dan ampunilah kesalahan kami

Seperti kami pun mengampuni yang bersalah kepada kami

Dan janganlah masukkan kami ke dalam percobaan

Tetapi bebaskanlah kami dari yang jahat

 

Imam:  Ya Bapa bebaskanlah kami dari segala kemalangan dan berilah kami damaiMu. Kasihanilah Aldo dan Eta. dan bantulah mereka, supaya bersih daripada dosa dan terhindar dari segala gangguan, dan salah paham dan pertikaian, sehingga mereka dapat hidup dengan tenteram, sambil mengharapkan kedatangan penyelamat kami, Yesus Kristus.

Umat: Sebab Tuhanlah Raja, yang Mulia dan Berkuasa untuk selama-lamanya.

Doa Damai

Imam : Saudara-saudari, Yesus bersabda pada awal penciptaan Allah menjadikan manusia pria dan wanita, Karena itu pria harus meninggalkan ibu bapaknya dan mengikatkan diri pada isterinya. Dan keduanya akan hidup bersatu padu jiwa raganya. Mereka bukan lagi dua melainkan satu. Apa yang telah dipersatukan oleh Allah jangan diceraikan oleh manusia.

Mengingat perintah itu maka marilah kita berdoa kepada Yesus.

 

Umat : Tuhan Yesus Kristus jangan memperhitungkan dosa kami, tetapi perhatikanlah iman gerejaMu dan restuilah kami supaya hidup dengan rukun sesuai kehendakMu. Sebab Engkaulah pengantara kami, kini dan sepanjang masa. Amin.

 

Imam : Damai Tuhan bersamamu.

Umat : Dan bersama rohmu.

 

Hevenu Syalom Alekhem

Hevenu syalom alekhem,

Hevenu syalom alekhem,

Hevenu syalom alekhem,

Hevenu syalom syalom syalom alekhem.

                Kubawa damai bagi-Mu

            Kubawa damai bagi-Mu

            Kubawa damai bagi-Mu

            Kubawa damai, damai, damai bagi-Mu

Pemecahan Roti

(Lagu Lihatlah Anak domba Allah Halaman 25 No 8)

Imam : Inilah Anak Domba Allah yang menghapus dosa dunia. Berbahagialah kita yang diundang ke perjamuanNya.

Umat : Ya Tuhan, saya tidak pantas Tuhan datang kepada saya, tetapi bersabdalah saja maka saya akan sembuh.

Imam : Semoga Tubuh dan Darah Kristus menghantar kita ke hidup yang kekal.

Umat : Amin.

Penerimaan Komuni

Yang diperkenankan menerima komuni kudus adalah mereka yang sudah dibabtis secara Katolik dan sudah menerima komuni pertama

Lagu komuni

(Lagu Give Thanks)

(Lagu post komuni The Prayer )

Doa sesudah Komuni

Imam : Marilah berdoa

Ya Bapa, kedua mempelai telah Engkau persatukan dalam persekutuan suci sakramen perkawainan. Sudilah kiranya Engkau selalu bersatu dengan mereka, mendampingi dan melindungi setiap langkah hidup mereka agar segalanya terjadi seturut kehendak-Mu. Semoga mereka senantiasa bersatu hati dalam cinta dan menjadikan Engkau sebagai satu satunya sumber kekuatan dalam menempuh kehidupan rumah tangga yang baru. Demi Kristus Tuhan dan pengantara kami.

Umat  : Amin

Penghormatan kepada Bunda Maria

Imam : Mempelai yang berbahagia, kini mohonlah doa restu kepada Bunda Maria agar Bunda Maria melindungi rumah tangga kalian berdua.

 

(Imam, putra altar, kedua mempelai dan kedua orangtua menuju patung Bunda Maria)

 

Ave Maria

Musik/Lagu : Franz Schubert; Syair : Franz Schubert

Ave Maria, gratia plena

Maria gratia plena, Maria gratia plena,

Ave, Ave Dominus, Dominus tecum

Benedictatu in mulieribus et benedictus

Et benedictus fructus ventris, ventris tui Yesus.

Ave Maria.

Ave Maria, Materdei.

Ora pro nobis pecatoribus, ora pro nobis.

Ora pro nobis pecatoribus, nunc et in hora mortis,

In hora mortis nostrae, in hora mortis,

mortis nostrae, In hora mortis nostrae.

Ave Maria, Ave Maria.

 

Imam : Bapa berkatilah lilin ini yang melambangkan diriMu, dasar cinta Aldo dan Eta. Semoga lilin ini mengingatkan kalian berdua dalam kesucian Sakramen Pernikahan yang telah kalian terima.

Lilin ini melambangkan terang Kristus yang akan menjadi pilar kekuatan dan ketegaran dalam masa-masa cobaan.

 

Imam : Semoga lilin ini menyala kuat dan terang cinta kasihMu selalu ada dalam keluarga dan rumah tangga ini dan semoga membawa kehangatan dan terang cinta kasih Kristus kepada semua orang di sekitarmu. Demi Kristus, Tuhan dan terang dunia.

Aldo dan Eta : Amin.

 

Aldo dan Eta :

Bunda Maria, Bunda Yesus, dan Bunda kami yang tercinta, hari ini merupakan hari paling bahagia bagi kami berdua, kami bersatu dalam ikatan pernikahan yang suci. Kami berjanji saling setia satu sama lain sampai akhir hidup kami. Bimbinglah kami supaya kami dapat setia dalam menjalani hidup berkeluarga.

Bimbinglah dan ajarilah kami membangun keluarga, supaya cinta kami tahan uji dalam suka dan duka kehidupan ini. Jadikanlah keluarga kami seperti Keluarga Kudus Nazaret, yang sederhana, damai, dan rukun. Bunda Maria, kami tidak tahu apa yang akan kami alami, tapi kami percaya dengan perantaraanMu, Tuhan berkenan membantu kami dalam menghadapi aneka kesulitan. Ya Bunda yang baik hati, doakanlah kami pada PutraMu, Tuhan kami Yesus Kristus. Amin.

 

Salam Maria..... (3x)

Kemuliaan..... Terpujilah.....

 (Sambutan Ucapan Terimakasih)

PENUTUP

Imam : Aldo dan Eta, anda berdua telah sah sebagai suami istri. Semoga dalam masyarakat tempat kalian hidup, bergaul dan bekerja, kalian dapat memberi kesaksian tentang cinta kasih Allah dan membuktikan semangat Kristiani dengan sesama kalian dan sanak saudara kalian. Marilah kita mengakhiri perayaan ini dengan memohon berkat dari Tuhan Allah kita.

Berkat Penutup

Iman     : Tuhan sertamu

Umat     : Dan sertamu juga

Iman     : Semoga Allah Bapa yang kekal memelihara Aldo dan Eta, dalam cinta kasih dan kerukunan supaya damai Kristus senantiasa tinggal di dalam hati dan dalam rumah tangga mereka.

Umat     : Amin

Iman     : Semoga Aldo dan Eta diberkati oleh Allah dengan diberikannya keturunan dan hidup damai sejahtera dengan semua orang.

Umat     : Amin

Iman     : Semoga Aldo dan Eta. menjadi saksi cinta kasih Allah di dunia, menolong orang yang menderita dan kekurangan, supaya saudara kelak disambut mereka dalam rumah Allah yang kekal.

Umat     : Amin.

Iman     : Dan semoga saudara sekalian diberkati dan dilindungi oleh Allah yang Maha Kuasa, Bapa dan Putera dan Roh Kudus.

Umat     : Amin          

Iman     : Saudara-saudari sekalian dengan demikian perayaan Ekaristi dan Upacara Penerimaan Sakramen Pernikahan Kudus Aldo dan Eta. sudah selesai.

Umat     : Syukur kepada Allah

Iman     : Pulanglah dan wartakan tentang kebaikan dan cinta kasih Allah agar setiap orang menikmati damai Tuhan. Amin

Penandatanganan Surat Pernikahan

(Lagu : Congratulations Halaman  23,  No 3)

(Kedua mempelai dan para saksi menuju altar untuk menandatangani surat pernikahan di hadapan Imam)

Lagu-lagu

 

1. Kasih

Musik/Lagu , Syair & Arrangement : L. Putut Pudyantoro

Andaikan aku fasih berbicara,

Namun tak punya cinta kasih,

Ku bagai gong yang bergaung.

Andai imanku mampu pindahkan gunung,

Namun tak punya cinta kasih,

Ku tiada berguna.

Kasih itu sabar, murah hati,

Percaya, tak angkuh dan tak dengki.

Kasih itu tak memegahkan diri,

Kasih itu kekal serta abadi.

Andaikan aku mendermakan hartaku,

Namun tak punya cinta kasih,

Tiada berartilah aku.

Kasih itu sabar, murah hati,

Percaya, tak angkuh dan tak dengki.

Kasih itu tak memegahkan diri,

Kasih itu kekal serta abadi.

 

2. Terima kasih mama dan papa

Lagu :  Totok Pujianto ; Syair: Rossy Reinawati

Lancar/Khidmat

Mama betapa baiknya engkau

Telah membimbing sluruh hidupku

Dengan sepenuh kasih sayangmu

Tiada mengharap balasanku

          Papa betapa baiknya engkau

          Telah membimbing sluruh hidupku

          Engkau memberiku kekuatan

          Untuk menatap masa depan.

Ta’kan  pernah terbalas semua kebaikanmu

Ta’kan pernah tergantikan pengorbananmu

          Terimakasih untukmu mama dan papa

          Semoga Tuhan selalu memberkati

 

 

3. Congratulations

Musik/Lagu : Cliff Richard; Syair : Cliff Richard ; Arrangement : Koor St Andrea.

Congratulations and celebrations,

When I tell ev’ry one that you’re in love with me.

Congratulations and jubilations,

I want the world to know I’m happy as can be.

Who would believe that I could be happy and contented.

I used to think that happiness hadn’t been invented.

But that was in the bad old days before I met you.

When I let you walk into my heart.  

 

4. Cincin Kami

Musik/Lagu : - ?? ; Syair & Arrangement : L. Putut Pudyantoro

Cincin tanda cinta kasih sejati,

T’lah melingkar di jemari.

Cincin tanda cinta kasih sejati,

T’lah mengikat dua hati.

Di hadapan Altar yang suci ini,

Kita saling serah diri.

Di hadapan Altar yang suci ini,

Cinta kita kan abadi.

Badai serta taufan ‘kan menghadang,

Namun cinta kita tak ‘kan goyang.

Tuhan ‘kan memberi jalan serta cahayaNya,

Mengarungi samudera cinta.

Tuhan bimbinglah kami berdua,

Berlayar dalam bahtera.

Tuhan bimbinglah kami berdua,

Hidup seturut sabda-Mu.

Badai serta taufan ‘kan menghadang,

Namun cinta kita tak ‘kan goyang.

Beri kami kasih serta cinta,

S’panjang jalan hidup kami.   

 

5. Berkatilah

Musik/Lagu , Syair & Arrangement : Y. Totok Pujianto

Bapa yang disurga, kami berdua.

Bersujud di depanMu, dialtar mulia.

Saling mengucap kata, berserah setia.

Ingin hidup berdua, dengan penuh cinta.

S’moga Engkau berkati, niat suci ini.

Padu menjadi satu di dalam namaMu.

Bapa yang disurga, bimbinglah kami.

Agar cinta yang suci, kekal dan abadi.

Berkatilah mereka, semoga bahagia.

Tiada hari berlalu, tanpa kasih mesra.

Terima kasih Bapa, atas kurniaMu.

Di hari indah ini, kami bahagia.

 

6. Persembahan hati

Lagu & Syair : Natalis Natalianto; Revisi lagu , Syair  & Arr : L Putut Pudyantoro, :Y. Totok Pujianto

Allah bapa, sungguh besar kasih-Mu

Engkau selalu hadir dalam setiap langkahku

          Sungguh Indah ku menjadi anak-Mu

          Hidup dalam kasih-Mu, kasih yang tak ternilai

Tak sanggup aku membalas kasih-Mu

Hanya ini Bapa yang ku bisa

Bapa trimalah persembahan hatiku

Nyanyian pujian kepada-Mu

          Ini diriku jadikanlah alat-Mu

          Terimalah bapa persembahan hati

 

7. Persembahan 

Gaya : Keroncong  Lagu, Syair & Arr : Paul Widyawan

Bawalah persembahanmu nanti ke altar yang suci

Semoga Allah bapa berkenan mengambil tanda cintamu

          Bawalah hati indah berseri ke altar yang suci

          Semoga Allah bapa berkenan mengambil bunga hatimu

Lenyaplah kesan hampa gulana semarak kini medan berbakti

Berhiaskan niat warna-warni

Bagaikan kembang mekar berseri

          Bawalah senandung pasrah diri

          Ke altar yang suci

          Semoga Allah Bapa berkenan

          Mengambil bakti dirimu.

 

8. Lihatlah anak domba Allah

Penebus dunia, penebus dunia

Kasihanilah kami 2x

          Lihatlah anak domba Allah

Serahkan nyawa demi slamat kita

Lihatlah anak domba Allah

Kurbankan diri untuk damai kita

Lihatlah anak domba Allah

Penebus dunia, penebus dunia

Berilah kami damai..

 

 

9. Kudus

Lagu & Syair : Martin Runi

Misa senja: PS 1991

Kudus, kudus, kudus Tuhan.

          Raja yang maha tinggi

          Surga & bumi, surga dan bumi

Penuh kemuliaan-Mu

Kemuliaan-Mu

Kudus, kudus, kudus Tuhan.

          Terpujilah yang datang

          Terpujilah yang datang

          Dalam nama Tuhan

          Maha tinggi,

          Yang maha tinggi

Penutup.     Kudus, Kudus, Kudus..

                   Kuduslah Tuhan.

 

Dokumentasi Eta & Aldo

Profile

Pengumuman / Undangan
 
Buku liturgi pernikahan.

Foto Dokumentasi pernikahan.